9:02 PM

Vincent Liong (Indigo Guys) vs Andy F Noya (Kick Andy)

Vincent Liong (Indigo Guys) vs Andy F Noya (Kick Andy)

Pada bulan Juli tahun 2004 Vincent Liong pernah mengalami sengketa dengan pihak Metro TV mengenai cara interview dan penayangan program bertema Indigo yang dibahas dalam beberapa email:
* Subject: (Help me please) Shit Happen! In my Interview Today
At:
http://groups.yahoo.com/group/vincentliong/message/2926

* Subject: Metro TV Menghargai Objek Wawancara Psikologis sebagai Individu Pesakitan.
At:
http://groups.yahoo.com/group/vincentliong/message/2938

Pada hari Selasa, 13 Februari 2007 Vincent Liong dishooting oleh Metro TV untuk membahas tentang latar belakang Vincent Liong sebagai anak Indigo dan membahas Kompatiologi. Vincent Liong sudah mewanti-wanti pihak Kick Andy untuk tidak ngawur dalam menyudutkan pihak yang dijadikan korban dalam acara karena saya dan Metro TV pernah konflik secara tertulis soal kasus seperti ini.

Shooting berlangsung dengan pembagian waktu sbb:
Scene 1: Ario Handyojati anak Indigo dengan Orangtua.
Scene 2: Latar belakang Pribadi & sudutpandang Vincent Liong.
Scene 3: SOP Project Kompatiologi.
Scene 4: Sudut pandang Psikiater Dr. Tb Erwin Kusuma.
Scene 5: Sudut pandang Paranormal Mama Laurent.

Masing-masing scene berdurasi 9 menit. Durasi shooting 45 menit + iklan 15 menit (yang diletakkan antara scene yang satu ke scene selanjutnya) . Durasi tayang 60 menit.

Ketika penayangan, bagian tanya jawab antara Andy dengan Vincent Liong dipotong (jawaban saya) secara kasar lebih dari setengahnya, Andy juga tampak tidak menguasai acara, sehingga tidak ada yang bisa terjelaskan soal kompatiologi (yang tujuan saya untuk membuka realitas bahwa Indigo itu bisa diproduksi / dimanipulasi dengan mudah), yang dimunculkan kesan
anehnya saja, karena hanya menjadi hanya kurang dari 9 menit. Untungnya Vincent Liong masih dapat menyelipkan sebagian kecil diantara point-point sbb misalnya:

“Kalau kita berbicara seorang nabi maka kita berbicara tentang sesuatu yang sifatnya past tense (masa lampau) tentang seseorang yang telah melakukan sesuatu yang kongkrit bagi masyarakat, itu pun masih disebut sebagai bidang non logika alias metafisika dan agama.
Dalam pembahasan Indigo ini kita melihat orang-orang dengan gelar, jabatan, berijasahkan sebagai kaum berpendidikan yang dianggap logis tetapi berbicara tentang masa depan seorang anak kecil yang biasanya berumur kurang dari sepuluh tahun (Dalam acara Kick Andy menggunakan anak SMP yaitu si Jati) bahwa di masa depan (beberapa puluh tahun ke depan) yang sifatnya future tense akan menjadi penuntun jaman tanpa ada hal kongkrit tentang tindakan si anak terhadap masyarakat yang bersifat past tense. Para ahli bergelar, jabatan
dan berijasah (Psikiater & Psikologi) ini tidak memperhitungkan bagaimana keluguan masyarakat
Indonesia ini yang langsung mengurutkan begitu saja bahwa sesuatu yang bergelar, ijasah, dlsb berarti logis (dapat dilogikakan) sehingga efek samping ke anak Indigo adalah setelah dipropagandakan sebagai anak indigo memang senang sesaat, tetapi setelah sadar maka akan memaksa si anak kabur menyepi dari semua orang (orangtua, teman, masyarakat) biasanya mulai 3 bulan sampai setengah tahun setelah shooting, karena tidak ada plihan bebas lagi sebagai anak kecil, tidak ada lagi pilihan mau jadi apa di masa depan kecuali menjadi penyelamat yang harus menolong orang lain dengan mengabaikan faktor pribadi diri sendiri atau dianggap messias gagal, atau indigo banci/cacat.

Dimanakah tanggungjawab ilmiah kaum bergelar dan berijasah tsb terhadap kepercayaan masyarakat?”

Saya buka rahasia soal si Jati, yang dijadikan tontonan oleh pihak Metro TV yaitu si Jati adalah
hasil manipulasi dari Psikiatri Dr. Erwin. Kemampuan menulis sesuatu yang dianggap mirip tulisan Cina tetapi tidak dapat diartikan adalah hasil ajaran Dr.Erwin yang namanya Hipnografi. Caranya adalah dengan memegang pensil dan berusaha menurunkan kesadaran hingga tangan jadi bergerak sendiri tidak beraturan.

Business Labeling Ketidaknormalan Anak memang Menguntungkan karena memanipulasinya tidak sulit. Tetapi dimanakah hati nurani anda?! Bagaimanakah nasib anak-anak korban dari business anda selanjutnya? Ini saya tanyakan kepada Andy F Noya dan Metro TV…

bagi yang mau menonton ulang, silahkan ditonton program Kick Andy di Metro TV tanggal 11 Maret 2007 jam 15.05. Silahkan lihat bagian mana yg dipotong secara kasar. (Vincent Liong)

Saya menonton tayangan ulangnya, dan memang terkesan banyak adegan yang jelas dipotong. entah apakah ini memang karena keterbatasan waktu… tetapi point yang Anda sampaikan bagus, Vincent. bahwa ketika seorang anak sudah ‘dikondisikan’ untuk menjadi ’sesuatu’, seringkali kita tidak memikirkan beban berat yang harus diemban oleh anak yang bersangkutan…

0 comments: