4:16 PM

Batu Seberat 2,8 Kg Di Dalam Kantong Kemih !!!


PALEMBANG, KAMIS - Batu seberat 2,8 Kilogram (Kg) berhasil diangkat dari kantung kemih (buil-buil) Herman Malik (50) melalui proses operasi bedah di RSK Charitas. Hasil penelitian biokimia Universitas Unsri di dalamnya terkandung unsur oksolan, fosfat dan urat yang mengendap kurang lebih selama 35 tahun lebih.

Tim dokter yang dipimpin dr Arizal Agoes, SpB-SU dan dr Saruf Singh, SpB mengira benjolan di kantung kemih Herman Malik adalah tumor perut. Namun, setelah diperiksa dan melibatkan dokter spesialis lainnya maka dipastikan benjolan itu bukan tumor tetap batu buil- buil sehingga dilakukan operasi.

Hasilnya sungguh mengejutkan, batu tersebut memiliki berat 2,8 Kg dengan ukuran 20x12 centimeter (CM).

"Banyak faktor terjadinya batu di kantung kemih. Bisa dari batu kalsium, batu infeksi atau batu asam urat. Namun, pengendapan ini terjadi karena pasien kurang banyak minum dan saluran kencing tersumbat. Ini pemicu awalnya," kata Arizal Agoes.

Sementara Dirut RSK Charitas, Prof dr Hardi Darmawan, MPH&TM, FRSTM kepada wartawan mengatakan, batu buil- buil yang ditemukan di kantung kemih Herman Malik, adalah terbesar dan terberat di Indonesia bahkan di dunia.

Dari jelajah dunia internet yang dilakukan, kasus serupa terjadi di Taiwan, hanya saja beratnya 1,5 Kg, pasien di Israel juga mengalami hal sama tetapi berat batunya hanya 1 Kg. Sedangkan di kebanyakan Eropa hanya 1 Kg.

"Berat batu yang kita temukan, ternyata terbesar di dunia. Saya akan usulkan ke Muri bahkan dokter spesilis badah akan membawanya pada kongres di Surabaya sebagai laporan kasus terbaru," katanya.


[url="http://maranaikomering.blogspot.com/2008/12/batu-seberat-28-kg-di-dalam-kantong_01.html"]SUMBER[url]

0 comments: